Kupang Exotic Run Jazz Festival 2024 : Ajang Lari dan Promosi Budaya NTT

 

Pj. Gubernur NTT Ayodhia G.L Kalake bersama Kepala Perwakilan BI NTT Agus Widjajati , Plt Dirut Bank NTT  Yohanes Landu Praing saat Konferensi pers di Lobi Kantor Gubernur NTT (29/08) Foto : geb 


KUPANG,MediaKotaNews.com - Tepat tanggal 31 Agustus 2024 Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) didukung penuh Bank Indonesia dan Bank NTT gelar event bertajuk Kupang Exotic Run dan Jazz Festifal 2024 akan sangat meriah dan berdampak pada pengembangan ekonomi lewat usaha Mikro, Kecil  dan Menengah (UMKM) 

Bertempat di lobi depan Kantor Gubernur NTT, Kamis (29/08/2024 pada acara konferensi pers disampaikan oleh Penjabat Gubernur Ayodhia G.L Kalake bahwa akan digelar event besar yakni Kupang Exotic Run dan Jazz Festival 2024 dimana akan dihelat dengan sejumlah peserta mencapai 4.300 pelari yang berasal dari NTT dan juga luar yakni dari jakarta yang sifatnya gratis dan tidak dipungut biaya.

Kegiatan ini tentu dengan tujuan serta diharapkan dapat menggali potensi yang ada  khususnya di bidang atletik dan juga pelari jarak menengah 5K dan juga 10K dan menjadi wadah pembinaan dalam persiapan PON 2028 yang dimana Nusa Tenggara Timur menjadi tuan rumah, dan diharapakan masuk dalam kalender  PASI dikarenakan berlari di indonesia timur sensasinya akan berbeda . ujar Kalake 

"Akan ada agenda penghormatan kepada legenda atletik NTT . yakni keluarga Almarhum Eduardus Nabunome dan ibu Welmince Sonbay." yang pernah mengibakan bendera NTT di level Nasional dan maupun Internasional. serta diharapkan ini menjadi event yang berlanjut serta dimasukan dalam kalender agenda rutin untuk menjaring potensi atlet di NTT.  

Ditambahakan bahwa Exotic Run memasukan unsur budaya yang kental mewakili semua etnis di NTT, serta atraksi budaya disetiap rute yang dilewati. dengan 100 pelari pertama Pria dengan ikat kepala bermotif tenun NTT, sedangkan wanita akan kita beri selendang pinggang bermotif .

"oleh karena itu ini tidak   sekedar lomba  lari tapi ada unsur budaya sehingga akan membuat Exotic Run ini berbeda dengan lomba lari lainnya". 

Kita harapkan pada ahirnya dapat   meningkatkan perekonomian khusunya melibatkan UMKM lokal dengan adanya  pameran  yang dibina oleh Bank NTT dan juga Bank Indonesia. dan event ini diharapkan akan berlanjut masuk dalam kalender dan akan menjadi ajang rutin lomba lari , mungkin dikemudian hari akan diadakan lari Marathon, dan juga jadi ajang pembinaan bagi potensi atlit atlit yang ada di NTT. 

"Pada  malam puncak 31 Agustus 2024 akan diadakan Kupang Jazz Festival dengan mendatangkan Krakatau Band , dengan tujuan meningkatkan minat musik bagi anak muda dalam bermusik. ungkap Pj Gubernur

Dilanjutkan dengan pernyataan Kepala Perwakilan Bank Indonesia NTT Agus Sistio Widjajati  yang menuturkan bahwa ada 3 hal yang mendorong serta selalu konsisten mendukung pertumbuhan ekonomi di NTT .

" Ini kesempatan serta momentum untuk membangun ekonomi dan bergerak maju . ucapan terimakasih kepada pemprov NTT karena sudah mampu mengendalikan inflasi NTT di angka 0,85 persen per juli 2024 . yang menjadi pekerjaan yakni memicu agar lebih turun lagi  dari inflasi  nasional" , ujar Agus 

Yang kedua , Kenapa disebut lari , karena kita harus mengejar, kita harus berlari mencapai pertumbuhan lebih tinggi dari nasional , karena dalam komunitas lari menjadi simbol kebersamaan, simbol sinergi bersama steke holder yang ada di Provinsdi NTT dan Bank Indonesia sangat mendukung . 

Sementara Perwakilan Bank NTT , Yohanes Landu Praing mengungkapkan Apresiasi kepada Pemerintah Provinsi dengan menyelenggarakan event besar ini dengan mendorong pariwisata di NTT , tentu ini akan berdampak positif ke arah yang baik bagi pertumbuhan ekonomi yang terus kita canangkan . harapan bahwa event ini bisa berlangsung setiap tahun  sehingga bisa mengangkat dan menggerakkan sektor sektor kemajuan  lainnya " . (geb) 

 

 



 

Top Post Ad

Copyright © 2022 By Media Kota News.com | Powered and Design By Media Kota News.com