Cegah Lebih Dini, Bawaslu Kota Kupang Rakor serta Launching Pemetaan Kerawanan Pemilihan Serentak 2024

Ketua Bawaslu Kota Kota Kupang Yunior A. Nange , Kaban Kesbangpol Noce Nus Loa, Kabag Ops Polresta Kupang kota Oktovianus Wadu Ere , Dr Ahmad Atang, M. Si serta Perwakilan Forum dan peserta saat peluncuran Pemetaan Kerawanan Pemilihan kota Kupang (25/08) Foto : geb

KUPANG, MediaKotaNews.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Kupang gelar Rapat Koordinasi dan launching Pemetaan Kerawanan Pemilihan Serentak Tahun 2024 di aula hotel T-More  Kupang, Minggu (25/08/2024) 

Ketua Bawaslu Kota Kupang Yunior A Nange S.Ip mengatakan bahwa pemetaan kerawanan pemilihan merupakan data hasil evaluasi dari pemilihan umum sebelumnya dan merumuskan langkah strategis mengantisipasi pelanggaran - pelanggaran yang akan terjadi di 27 November 2024. 

"Tujuan dari kehadiran kita hari ini adalah dalam rangka melihat pemetaan kerawanan pada pelaksanaan Pemilihan Serentak 2024 di kota Kupang ." Ujar Adi Nange saat pembukaan kegiatan. 

Dilanjutkan bahwa, Bawaslu Kota Kupang merumuskan pemetaan kerawaan berbasis data Indeks Kerawanan Pemilu  (IKP) hasil pemilu kemarin dan dikembangkan lagi serta berkaca pada pilkada terakhir dan untuk kota Kupang tingkat kerawanan masih tergolong minim, tapi perlu untuk kita antisipasi .  Untuk itu pemetaan kita hari ini akan kita sampaikan dan kiranya menjadi masukan  dan merumuskan langkah langkah strategis pencegahan yang merupakan hal pokok. 

Yang kita harapkan stakeholder yang dilibatkan saat ini menjadi tumpuan informasi sekaligus menjadi masukan yang merupakan sumbangsih bagi kami secara internal dan menyentuh langsung dengan kami yakni salah satu adalah sentra GAKKUMDU. 

Disampaikan bahwa langkah pencegahan disetiap tahapan yang sementara dipersiapkan adalah tahapan pencalonan yang dimulai dengan pengumuman yang berkahir di tanggal 26 Agustus 2024 dan dilanjutkan tanggal 27 Agustus 2024 dengan pendaftaran dimana dinamika pilkada di kota Kupang mulai naik dimana masa dari masing pasangan calon akan sangat  banyak hadir memberi dukungan, dari situ indeks kerawanan akan tinggi terjadi, ujar beliau 

"Dari hal tersebut saya mengajak para stekholder untuk bersama memanfaatkan pemetaan kerawanan Pemilihan sebagai acuan supaya lakukan pencegan bersama". 

Rakor Bawaslu Kota Kupang menghadirkan narasumber Dr. Ahmad Atang, M.Si akademisi Universitas Muhamadiyah Kupang dengan materi Optimalisasi pengawasan partisipatif masyarakat melalui pemetaan kerawanan dan juga Kabag Ops Polresta Kupang Kota Oktovianus Wadu Ege, SH yang  memaparkan Identifikasi Kerawaan Pemilihan kepada daerah tahun 2024 berdasarkan aspek peran GAKKUMDU dalam penindakan pelanggaran  melalui pemetaan kerawanan Pilkada Kota Kupang . 

Hadir pada rakor serta  launching pemetaan kerawanan Pemilihan serentak yakni Kaban Kesbangpol Kota Kupang Noce Nus Loa,SH., M. Si, perwakilan FKUB Kota Kupang , Perwakilan Forum warga serta komunitas lain dan Alumni Sekolah Kader Partisipatif. (Geb) 




Top Post Ad

Copyright © 2022 By Media Kota News.com | Powered and Design By Media Kota News.com