Kasus Bansos Covid-19 Kembali Naik, KPK Geledah Rumah Herman Herry

 


JAKARTA , MEDIA KOTA NEWS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lakukan penggeledahan sejumlah lokasi terkait penyidikan dugaan korupsi Bantuan Sosial ( Bansos)  Covid-19 

Kasus ini merupakan pengembangan dari perkara suap Bansos Covid-19 yang menjerat Mentri Sosial Julianri Peter Batubara pada tahun 2019 lalu. 

Salah satu lokasi yang digeledah adalah kediaman anggota DPR RI dari Fraksi PDI-P  Herman Herry yang biasa disapa HH di Depok , Jawa Barat 

Proses geledah rumah berkaitan dengan penyidikan perkara Bansos Covid-19 ," kata juru bicara KPK Tessa Mahardika Sugiarto saat dikonfirmasi , Selasa (23/7/2024) 

Tessa mengatakan , penyidikan menggeledah sejumlah lokasi dikawasan Jobodetabek. Namun Ia tidak menyebut secara detail lokasi penyidikan . 

"Seandainya nanti ada hasil dari penyidik kita akan update lagi apa sih yang dilakukan atau barang barang bukti apa saja yang disita,"ujar Tessa.

Juru Bicara berlatar belakang penyidik itu mengatakan , selama ini KPK tidak pernah menghentikan kasus Bansos Covid-19. Proses hukum itu bergantung pada adanya bukti baru yang ditemukan dan ketersediaan sumber daya penyidik. 

"Kalau seandainya dibilang ini perkara lama kemudian naik kembali , saya pikir itu tentunya membuktikan bahwa perkara ini tidak dihentikan," tuturnya

Ditambahkan bahwa dalam kasus ini, KPK mengusut dugaan perbuatan melawan hukum yang merugikan keuangan negara .  

Saat ini , terdapat tiga kasus bansos yang tengah diusut KPK . 

pertama , menyangkut kerugian keuangan negara pada pengadaan Bansos Covid-19 yang menyeret Julianri. 

Kemudian , distribusi Bantuan Sosial Beras (BSB) untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada program Keluarga Harapan (PKH) Kementrian Sosial.

Lalu, Pengadaan 6 Juta Paket Bansos Bantuan Presiden (Banpres) atau bantuan Presiden di Kawasan Jabodetabek. (KMPS/MKN01)

Top Post Ad

Copyright © 2022 By Media Kota News.com | Powered and Design By Media Kota News.com