Gencar Pengawasan , Bawaslu Kota Kupang Perkuat Kapasitas Panwaslu Kecamatan

                                                                   
Ketua Bawaslu Kota Kupang Yunior A. Nange S.IP dan Koordinator Sekretariat Angelina D. Rasmah A.Md , saat membuka kegiatan Penguatan Kapasitas (18/7) Foto : AL


KUPANG, MEDIA KOTA NEWS.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Kupang menyelenggarakan kegiatan Penguatan Kapasitas Pengawas dan Kesekretariatan dalam Pengawasan Pemilihan Serentak Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024  bagi Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan se-Kota Kupang.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Kota Kupang, Yunior A. Nange, S.IP.  didampingi Koordinator Sekretariat Bawaslu Kota Kupang, Angelina D. Rasmah, A.Md hadir sebagai peserta  Ketua, Anggota beserta jajaran Kesekretariatan Panwaslu Kecamatan se-Kota Kupang yang  berlangsung di Hotel Neo Aston Kupang, Kamis- Sabtu (18-20/07/2024).

Ketua Bawaslu Kota Kupang Yunior A. Nange.,S.IP  pada seremonial pembukaan meminta agar di sela-sela kegiatan berjalan Pengawas kecamatan tetap berkoordinasi dengan Pengawas tingkat bawah sebagai ujung tombak pengawasan. 

“Kami berharap supaya koordinasi tetap berjalan dengan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) karena saat ini sementara berproses pengawasan dan juga pelaporan yang berkaitan dengan pengawasan coklit, baik pengawasan melekat maupun uji petik" ujar nya saat membuka kegiatan 

Di katakan Ady Nange, Sapaan akrab Ketua Bawaslu kota Kupang bahwa sebagai pengawas pemilu di tingkat kecamatan harus memiliki kemampuan merekam atau mencatat setiap peristiwa yang terjadi di sekitarnya pada proses pengawasan dan juga montoring sebagai wujud rasa tanggung jawab tugas pengawasan, serta harus bisa menempatkan diri secara baik saat melaksanakan tugas-tugas pengawasan melekat dengan memegang prinsip soliditas, integritas, mentalitas, dan profesionalitas. 

Tentu tahapan sedang berjalan terkait dengan Pemutakhiran Data Pemilih, banyak hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan setiap pemilih yang terdata hak pilihya tidak hilang, dan juga penguatan kesekretaritan perlu dukungan penuh, untuk dapat memastikan setiap pengawasan berjalan dengan baik.

Koordinator Sekretariat Bawaslu Kota Kupang, Angelina D. Rasmah., A.Md pada kesempatan yang sama menegaskan tentang kedisipilinan dalam melaksanakan tugas kesekretariatan maupun tugas-tugas pengawasan yang dilakukan oleh jajaran Panwaslu Kecamatan terutama terkait dengan pelaporan yang menjadi tanggung jawab masing-masing.

"Pada kegiatan ini diharapkan untuk bisa menerima dan cerna dengan baik  karena akan ada materi materi penguatan kapasitas dari narasumber yang sudah disiapkan , oleh karena itu silahkan  mengikuti dan diskusi dengan benar dan memperluas pengetahuan serta berinovasi pada kerja kerja pengawasan di tingkat kecamatan." tutup ketua . ( Geb )






Top Post Ad

Copyright © 2022 By Media Kota News.com | Powered and Design By Media Kota News.com