APTARI Melakukan Field Trip ke Sonaf Maubesi dan Sonaf Bikomi Sanak Kabupaten TTU

APTARI Melakukan  Field Trip Ke Sonaf Maubesi dan Sonaf Bikomi Sanak Kabupaten TTU

TTU, Media Kota News.Com-Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia merupakan Asosiasi dari Penyelenggara Pendidikan tinggi Arsitektur di Indonesia. Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia (APTARI) atau Indonesian Association of School of Architecture (IASA) merupakan asosiasi yang mewadahi sarana komunikasi, tempat berbagi pengalaman dan kerjasama antar pendidikan tinggi arsitektur serta mempunyai tujuan untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan arsitektur di Indonesia (https://aptari.org/). Didirikan tahun 1998, APTARI kini beranggotakan 144 perguruan tinggi (https://aptari.org/member/).

Agenda tetap APTARI adalah Rapat Kerja Tahunan dengan mengumpulkan seluruh Ketua Program Studi Arsitektur dari masing-masing Perguruan Tinggi. Anggota rapat kerja tahun 2022 ini dikoordinasi oleh Program Studi Arsitektur UNDANA dan UNWIRA. Rapat Kerja Nasional akan diselenggarakan 2 hari dari tgl 9 s/d 10 November 2022 yang merupakan gabungan antara kegiatan rapat pengurus, kunjungan arsitek, diskusi dengan kementerian, ramah tamah dengan pemerintah daerah, diskusi parallel, diskusi dengan pokja IAAB, kunjungan arsitek ke desa adat. Tema tahun ini adalah “Menuju Pendidikan Arsitektur Indonesia Unggul”; dimana setiap perguruan tinggi diminta memberikan pengalaman di masing-masing program studinya. Kegiatan diskusi akan dilaksanakan dengan pemerintah daerah, praktisi dan pengurus IAI Provinsi NTT, diskusi pengurus, temu informal peserta, diskusi Pokja serata diskusi paralel dengan tema-tema yang lebih spesifik.

Sebagai penuntup rangkaian kegiatas Rakerna Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia (APTARI) yang berlangsung dari Tanggal 9 s/d 10 November 2022 di Kampus Undana dan Unwira, maka dilakukan Kegiatan Field trip ke Sonaf Maubesi dan Sonaf Bikomi Sanak di Kabupaten TTU.

Field Trip ini diikuti 54 orang yang terdiri dari pengurus APTARI yang dipimpin oleh Ketua APTARI Dr. Yulianto P. Prihatmaji, ST., MT., IAI, peserta Rakernas dari 32 Prodi Arsitektur di Indonesia dan perwakilan dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). Koordinator Prodi Arsitektur Undana Aplimon Jerobisonif, ST., M.Sc mengatakan "kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kekayaan Arsitektur Tradisional Nusa Tenggara Timur khususnya didaratan Timor kepada peserta Rakernas APTARI, dan menginisiasi kemungkinan kerjasama untuk pelestarian kekayaan arsitektur tradisional serta manfaatnya untuk peningkatan kualitas pendidikan arsitektur khususnya di Undana".

Field trip  berlangsung pada hari Jumat, 11 November 2022, dan peserta berangkat dari titik kumpul di Hotel Swiss Belcourt jam 07.00 WITA. dan Tiba dilokasi Desa Maubesi pada jam 14.30 WITA. Peserta disambut oleh Tokoh adat Maubesi sebanyak 5 orang yaitu Martinus Meta (suku Afeanpah), Petrus Fomeni (suku Naisaban), Petrus Sobe (suku Afeanpah), Frasiskus Fanu (suku Kaauni),dan Lorensius Lelan (suku Afeanpah).

Dalam ritual penyambutan peserta, dosen arsitektur Undana Debri A. Amabi, ST., MT mewakili peserta field trip menyampaikan maksud kedatangan rombongan ke Desa Maubesi. Setelah diadakan ritual penyambutan dan penerimaan dilanjutkan dengan wawancara dengan Tokoh adat kemudian peserta melakukan dokumentasi terhadap rumah-rumah tradisional yang ada di Sonaf Maubesi. Para peserta dalam kegiatan ini juga dipandu oleh dosen-dosen prodi Arsitektur Undana a.l Dr I Gusti N. W. Hardy, ST., M.Sc; Yohannes W. D. Kapilawi, ST., MT ; Thomas K. Dima, ST., MT; Rosvitayati Umbu Nday, ST., M.Eng dan Mahasiswa Arsitektur Undana sebanyak 10 orang.

Rombongan kemudian bertolak ke Desa Maslete untuk melihat Sonaf Bikomi Sanak, rombongan di terima oleh tokoh adat generasi ke19 Sonaf Bikomi Sanak. Beliau menjelaskan banyak hal terkait sejarah sonaf Bikomi Sanak dan kekerabatan dengan sonaf Tamkesi dan Boti.

Setelah berdiskusi dan membicarakan banyak hal terkait arsitektur trandisional Sonaf Bikomi Sanak, rombongan kembali ke Kupang dan tiba di titik kumpul Hotel Swiss Bellcourt pada jam 23.30 WITA.(*/)

Top Post Ad

Copyright © 2022 By Media Kota News.com | Powered and Design By Media Kota News.com