Jelang Idul Fitri, Arus Penumpang di Bandara El Tari Kupang Naik

Jelang Idul Fitri, Arus Penumpang di Bandara El Tari Kupang Naik

KUPANG, Media Kota News. Com - Arus penumpang melalui Bandara El Tari Kupang menjelang hari raya Idul Fitri mengalami kenaikan yang cukup signifikan. 

Hal itu dikemukakan General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara El Tari Kupang, I Nyoman Noer Rohim saat menerima kunjungan Kapolda NTT, Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H yang melakukan pengecekan Pos Pelayanan Terpadu Ops Ketupat Turangga 2022 di Bandara El Tari Kupang, Sabtu (30/04/2022).

Menurutnya, rata-rata penumpang yang berangkat melalui Bandara El Tari Kupang mengalami kenaikan, yakni mencapai 3.000 orang per hari, dibandingkan kondisi normal hanya 2.900 orang per hari.

"Dengan puncak arus mudik libur Lebaran di Bandara El Tari Kupang terus mengalami kenaikan. Karena pemudik yang berangkat melalui Bandara El Tari Kupang,  meningkat sejak beberapa hari terakhir ini," kata Nyoman. 

Ia  memprediksi  penumpang mudik yang ada di bandara tersebut tahun ini meningkat mencapai sekitar 105,73% atau 54.982 penumpang dibandingkan dengan penumpang mudik tahun 2021 lalu sebanyak 26.725 penumpang saja.

"Sedangkan untuk pergerakan pesawat udara bakal bisa naik mencapai 80,26% dari 390 pergerakan pesawat pada 2021 menjadi 703 pergerakan pesawat, dan kargo diprediksi naik 41,3% atau dari 471.091 kilogram pada 2021 menjadi 665.686 kilogram," katanya.

Ia menjelaskan, sejak hari pertama Posko Lebaran di Bandara El Tari dibuka, khusus di Posko Kesehatan cukup ramai dikunjungi penumpang yang ingin mendapatkan vaksin booster dan vaksin dosis kedua. Hingga pukul 11.00 WITA sudah sebanyak 20-an penumpang yang mendapat layanan vaksin booster dan vaksin tahap II.

Layanan vaksin di Posko Kesehatan ini mulai pukul 08.00 - 12.00 WITA setiap hari Senin sampai dengan Jumat.

Layanan vaksinasi Covid-19 booster dan dosis kedua di Bandara El Tari ditujukan untuk memudahkan calon penumpang yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama maupun kedua.

Di lokasi ini juga, kata dia, disiagakan 1 unit kendaraan yang diperuntukan untuk vaksin mobile yang terletak di depan Alfa Express untuk setiap hari Senin dan Jumat.

Sementara ​​​​Kapolda NTT, Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H , M.H berharap agar pemudik melaksanakan perjalanan. 

sesuai dengan instruksi Pemerintah, semua penumpang sudah melakukan vaksin Boster, sehingga tidak terkendala pada saat berangkat maupun tiba di tempat tujuannya masing-masing.

"Kemudian harapan yang berikutnya lagi, pada saat kembali, mereka dalam keadaan sehat walafiat, sehingga kasus aktif yang ada di NTT tetap di posisi angka yang rendah, tidak terjadi lonjakan atau peningkatan yang berpengaruh terhadap masyarakat yang ada di wilayah NTT, " katanya. (R1)

Top Post Ad

Copyright © 2022 By Media Kota News.com | Powered and Design By Media Kota News.com