Putria Salon Latih 25 Peserta Kursus

Putria Salon Latih 25 Peserta Kursus

KUPANG, Media Kota News. Com - Setelah melaksanakan pelatihan sejak tahun 2008 lalu, tahun 2022 Lembaga Kursus dan Pelatihan LKP Putria Salon Kupang kembali menggelar pelatihan Tata Rias yang berlangsung di Aula Kursus Putria Salon yang berlokasi di Jalan Bhakti Karang, Kelurahan Oebobo, Kecamatan Oebobo Kupang, Kamis (21/04/2022). 

Pendiri sekaligus pemimpin Putria Salon, Adriana Maritje Pah, S.Pd saat pembukaan kegiatan menjelaskan, lembaga yang dipimpinnya dipercayakan pemerintah untuk melaksanakan pelatihan tata rias dan kecantikan sejak tahun 2008 silam. 

Ia menjelaskan, pelaksanaan kursus melalui Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha Tahap I Tahun 2022, jenis Ketrampilan Tata Kecantikan Rambut digelar atas kerjasama antara  Putria Salon dengan Direktorat Kursus dan Pelatihan Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi.

"Khusus untuk tahap I ada empat lembaga kursus yang proposalnya lolos seleksi  untuk menyelenggarakan pelatihan," ungkap Maritje. 

Pada kesempatan itu juga ia mengapresiasi perhatian pemerintah kepada warga agar memiliki ketrampilan. 

Hingga saat ini lanjut Maritje, lembaga yang dipimpinnya telah melatih lebih dari 1.000 warga. 

Tahun ini kata Maritje, Putria Salon kembali dipercatakan pemerintah untuk menyelenggarakan PKW Jenis keterampilan Tata Kecantikan Rambut dan diikuti 25  peserta. 

"Saya berharap peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Saya juga menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kota Kupang yang telah memberi kepercayaan pada Putria Salon untuk menyelenggarakan kegiatan PKW tahap pertama tahun 2022," ungkapnya. 

Melalui pelatihan tersebut, ia berharap peserta memiliki ketrampilan yang mumpuni sebagai bekal untuk berwirausaha. 

"Setelah mengikuti pelatihan, kami harapkan supaya peserta dapat membuka lapangan pekerjaan baru," ujarnya. 

Sesuai jadwal tambahnya, pelatihan tersebut akan dilaksanakan selama 38 hari. 

"Pelatihannya dilaksanakan empat jam sehari dengan materinya meliputi teori dan praktek," tambah Maritje. 

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Dumuliahi Djami melalui Kepala Bidang Pembinaan PAUD Dikbud Kota Kupang, Ros Dethan saat membuka kegiatan itu mengatakan, Pemerintah Kota Kupang berterimakasih kepada Patria Salon karena turut berkontribusi bagi penyediaan tenaga terampil dibidang tata rias dan kecantikan. 

Ia berkeyakinan, usai mengikuti pelatihan peserta akan menjadi pelaku wirausaha baru yang pada akhirnya akan berdampak pada tersedianya lapangan kerja baru. 

Peserta diingatkannya supaya serius mengikuti pelatihan. Sebab menurutnya, cukup banyak warga lain yang tidak berkesempatan untuk mengikuti pelatihan. 

"Kalian  mewakili yang belum miliki ketrampilan di luar sana. Kalian datang dari latar belakang tidak memiliki ketrampilan untuk  menjadi bisa sehingga dibutuhkan ketekunan selama kegiatan berlangsung," harapnya. 

Pelaksanaan pelatihan tersebut demikian Dethan, cukup membantu warga untuk berwirausaha. 

"Perlu disyukuri karena lembaga memfasilitasi untuk mengikuti pelatihan. Kegiatan ini bertujuan agar kalian menjadi mandiri dan membantu serta mendidik yang lain. Melalui Pelatihan ini selain mendapatkan ilmu juga ketrampilan, dengan kerja dan pengetahuan kalian bisa menghasilkan uang," katanya. 

Ia menambahkan, pelaksanaan pelatihan itu merupakan bagian dari upaya pemerintah bersama mitra seperti Patria Salon untuk mengurangi pengangguran.

"Diharapkan supaya kalian berguna bagi diri dan   keluarga   serta   masyarakat," tutupnya. (R1)

Top Post Ad

Copyright © 2022 By Media Kota News.com | Powered and Design By Media Kota News.com