Dojang Taekewondoin Dikbud NTT Dorong Peserta Jadi Atlit Berprestasi

Dojang Taekewondoin Dikbud NTT Dorong Peserta Jadi Atlit Berprestasi

KUPANGMedia Kota News. Com - Mengikuti kegiatan olahraga beladiri tak hanya sekedar pembinaan fisik tapi juga sarana untuk pembinaan mental. 

Pelatih Dojang Dojang Takewondoin Dikbud NTT, Irfan Mega di sela-sela kegiatannya melatih peserta takewondoin mengatakan, sebagian besar atlet yang dilatihnya masih berstatus pelajar. 

"Sampai saat ini atlet yang kami latih berjumlah 60 orang lebih  dan kebanyakan masih berstatus pelajar dan mahasiswa," ungkap pria yang menyandang status Dan I tersebut kepada Media Kota News. Com  Minggu (20/02/2022) 

Para taekwondoin yang mengikuti pelatihan di dojo tersebut dibina untuk mampu mengukir prestasi olahraga baik lokal, nasional bahkan internasional. 

Ia menambahkan olahraga taekwondo, selain melatih fiisik, seni bela diri asal Korea Selatan ini juga dapat memberikan manfaat dari segi kesehatan mental.

Olahraga Taekwondo lanjut Irfan memiliki sejumlah manfaat, Pertama Membangun konsentrasi.

"Seni bela diri termasuk taekwondo, merupakan praktik membangun disiplin. Bukan hanya konsentrasi saja, orang yang belajar seni bela diri ini juga akan memiliki fokus yang baik," katanya. 

Kedua  lanjutnya, olahraga Taekwondo dapat menambah rasa percaya diri. 

"Seseorang yang menekuni taekwondo itu memiliki kepercayaan diri yang baik. Hal ini datang dari sikap dan pandangan positif tentang diri sendiri," katanya. 

Ketiga, lebih siap menghadapi stres. Pasalnya olahraga Taekwondo membuat orang  lebih siap menghadapi stres

"Berlatih taekwondo membantu orang mengatasi berbagai tekanan mental baik dalam kehidupan sehari-hari maupun selama sesi pelatihan. Dengan manajemen stres yang baik, maka seseorang akan bisa lebih fokus menghadapi ketakutan yang ada dalam diri," ungkapnya. 

Selain itu tambah Irfan, dengan berolahraga taekwondo, orang mampu memulihkan diri dari kegagalan.(R1)

Top Post Ad

Copyright © 2022 By Media Kota News.com | Powered and Design By Media Kota News.com