Atasi Kesulitan Air Bersih, TNI Bantu Pompa Hidram Untuk Warga Silu

Atasi Kesulitan Air Bersih, TNI Bantu Pompa Hidram Untuk Warga Silu

OELAMASI, Media Kota News. Com - Untuk mengatasi kesulitan air bersih yang di alami warga, Kodam IX/Udayana melalui Korem 161/Wirasakti dan Kodim 1604/Kupang memasang pompa hidram bagi warga di Desa Silu Kabupaten Kupang. 

Keberadaan pompa hidram tersebut nantinya diharapkan mampu mengalirkan air ke pemukiman warga. 

Untuk diketahui pemasangan Pompa Hidram di Desa itu dilakukan di sela-sela kunjungan  Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Sonny Aprianto ke Desa itu, Selasa (08/02/2022). 

Sesuai rencana, peresmian pompa hidram yang dipasang di Desa itu akan dilaksanakan 2022 mendatang. 

Warga Dusun Lima Tuamnanu, Desa Silu disela-sela kunjungan itu berterimakasih atas kepedulian TNI dengan dibangunnya pompa hidram di wilayah itu. 

Ketua Kelompok Tani Fetomone Soleman Bani mengapresiasi kehadiran petinggi TNI wilayah Kodam Udayana ke wilayahnya.

Padahal kata Soleman, wilayahnya di tengah hutan, jauh dari  perkampungan dan bertebing. 

"Kami bangga dengan kehadiran Pimpinan TNI, serta fasilitas yang disiapkan dalam bentuk Pompa Hidram, untuk keberlangsungan hidup masyarakat dalam mengembangkan usaha perkebunan," katanya.

Ia juga berterima kasih kepada Pemkab Kupang melalui Dinas Pertanian yang telah membantu menyiapkan bibit serta bantuan alat-alat pertanian. 

Di dusun itu tambah Soleman  memiliki lahan pertanian seluas 300 hektaare. Hingga saat ini seluas 40 hektare telah ditanami jagung.

Sementara Bupati Kupang, Korinus Masneno pada kesempatan itu mengatakan, pemasangan pompa hidram di wilayah itu sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup warganya yakni selain untuk pemenuhan kebutuhan air bersih warga juga untuk perluasan areal pertanian.

Ia mengatakan, langkah awal TNI mulai dari menyiapkan alat berat untuk membuka jalan menuju lokasi hidram dibangun sampai pada pembangunan pompa hidram, patut diapresiasi, sebab dapat mendekatkan produksi masyarakat ke pasar. 

"Lokasi ini merupakan area pertanian baru," katanya seperti dikutip melalui siaran pers Humas dan Protokol Setda Kabupaten Kupang yang diterima wartawan, Selasa (08/02/2022) malam. 

Menurut Bupati Masneno, semenjak adanya pompa hidram di Kabupaten Kupang, mampu naikkan air dari dataran rendah ke dataran tinggi sehingga warganya sangat tertolong. 

Sementara Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Sonny Aprianto dalam sambutannya berharap adanya sinergitas antar Pemda dan TNI dalam mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami oleh rakyat. 

Meski baru setahun menjabat Pangdam Udyaana, ia berkomitmen untuk terus melanjutkan program Pangdam IX/Udayana yang sebelumnya untuk program pompa hidram. 

Di NTT lanjutnya, permasalahan krusial adalah ketersediaan air bersih. Untuk itu TNI sebisa mungkin hadir memberikan yang terbaik buat masyarakat. Ia juga meminta agar jajarannya bersama Pemda sukseskan usaha ketahanan pangan. 

"Kalau temui kendala, sampaikan untuk dicari solusi. Terima kasih juga untuk Bupati Kupang atas segala bentuk dukungannya bagi TNI," ungkapnya.(*/R1)







Top Post Ad

Copyright © 2022 By Media Kota News.com | Powered and Design By Media Kota News.com